March 7

Tugas 3

 Macam – Macam Jenis Server

Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer.

  • SSH Server ( Secure Shen )

SSH Server merupakan komputer server yang dipasang sebuah aplikasi khusus sehingga kita bisa mengendalikan atau mengirimkan perintah eksekusi kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

  • DNS ( Domain Name System )

DNS Server merupakan sebuah server yang dipasang sebuah aplikasi agar supaya dapat berfungsi untuk menterjemahkan sebuah nama domain ke IP address, jadi sobat tidak perlu mengingat nomer ip sebuah komputer, cukup mengingat nama domain dari komputer tersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalam pengaplikasiannya.

  • WEB Server

Web Server merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan aplikasi khusus agar bisa digunakan untuk melayani permintaan HTTP/HTTPS dari komputer client dan mengirimkan kembali data yang diminta dalam bentuk dokument html (web), Web Server juga bisa didefinisikan sebagai komputer yang berfungsi untuk menyimpan file – file halaman website. Biasanya Web Server menggunakan port 80 untuk akses menggunakan protokol http dan port 443 untuk akses menggunakan protokol https.

  • DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)

Sebuah komputer server dengan aplikasi khusus dan berfungsi untuk memanagement pengalokasian alamat IP dalam sebuah jaringan. Dengan adanya server ini sobat tidak usah melakukan pengisian alamat IP pada masing – masing komputer client, karena akan diberikan secara otomatis oleh server ini. Port yang digunakan untuk DHCP adalah port 67 atau 68.

  • Mail Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi aplikasi yang berfungsi untuk mendistribusikan file – file atau data informasi sebagai respons atau permintaan yang nantinya dapat dikirim via email, juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol). Port yang digunakan untuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25, 2525 ( SMTP )untuk akses dengan protokol http, 993 ( IMAP ) , 995 ( POP ), 465 ( SMTP ) untuk akses dengan protokol https.

  • Proxy Server

Proxy server merupakan sebuah komputer atau aplikasi komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan sebuah komputer dalam jaringan LAN dengan jaringan internet. Proxy server juga bisa disebut dengan istilah Gateway Server atau sebuah gerbang yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar. Tidak hanya itu, server ini juga mempunyai kemampuan untuk securty dan penyimpana riwayat halaman website yang telah sobat kunjungi sebelumnya, jadi akan menghemat penggunaan bandwith nantinya. biasanya port yang digunakan untuk proxy server adalah port 8080.

  • Samba Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi dan berfungsi untuk melayani permintaan sharing atau tukar menukar data antara dua komputer client yang berbeda sistem operasinya misalnya Linux dan Ms. WIndows. Port yang digunakan untuk Samba Server adalah 137 dan 139.

  • FTP Server

Sebuah komputer server yang digunakan untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server atau client yang support TCP/IP. port yang digunakan untuk mentranfer data menggunakan protokol FTP adalah port 21.

  • Database Server

Database server merupakan sebuah komputer dan dilengkapi dengan aplikasi yang berfungsi untuk menyediakan layanan penyimpanan Database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

 Aplikasi software berdasakan lisensi dan jenis distribusi software yaitu 

  • Freeware: Freeware adalah perangkat lunak bebas alias gratis, biasanya untuk individu, ada versi berbayar untuk digunakan perusahaan. Umumnya iklan atau sponsor proyek terus hidup (ada) dalam aplikasi ini.
  • Shareware: adalah perangkat lunak yang berjalan hanya untuk jangka waktu tertentu (disebut masa percobaan), maka pengguna harus memutuskan apakah atau tidak membeli produk.
  • Demo dan Trial: cobaan dan demo versi adalah versi terbatas. Versi demo yang berhubungan dengan game dan biasanya versi lengkap, permainan pendek atau sementara untuk pemain untuk melihat apakah Anda menyukai permainan, gameplay. Versi trial berfungsi hampir dengan cara yang sama seperti program kerja, tetapi tidak sepenuhnya, biasanya tidak menyimpan atau mengekspor pekerjaan sama sekali, menggunakan potensi penuh harus membeli perangkat lunak lengkap atau hanya lisensi software tersebut.
  • Beta: versi masih dalam pengembangan atau dikembangkan secara konstan (seperti Gmail dan Google lainnya aplikasi). Setelah versi beta ini merilis sebuah Release Candidate (RC) yang merupakan versi terakhir sebelum rilis resmi dari perangkat lunak.
  • Adware: adalah program yang datang digabungkan dengan program lain, seperti spanduk dan bar pencarian. Adware dapat menjadi batasan dari program shareware dengan menampilkan iklan dan jenis iklan lainnya untuk mendukung proyek tersebut.

Spanduk dihapus setelah lisensi dibeli

  • Opensource, GPL dan GNU: Ini adalah sumber, bebas terbuka dan didistribusikan secara bebas tersedia untuk di-download. Pengguna memiliki kebebasan total untuk membuat perubahan mereka sendiri dan kemudian pengembang dapat menggunakan kode ini dalam proyek mengikuti pola yang sama GPL (GNU Public License), yang merupakan format standar open source.
  • Malware: perangkat Lunak Berbahaya dari Inggris. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan program-program yang bertujuan untuk menyerang dan merusak sistem dan VIRS sebagai Trojan Horse.
  • Spyware: Software yang bertujuan untuk memantau aktivitas pengguna dan mengumpulkan informasi Anda. Ada berbagai jenis distribusi sebagai Bookware yang terdiri dari membeli sebuah buku tertentu dari penulis untuk perangkat lunak menjadi sah. Beberapa pengembang untuk memperluas koleksi pribadi mereka atau hobi, dan mengembangkan Stampware postcardware dimana pengguna mengirimkan surat atau kartu pos dan pengembang mengirimkan pengguna lisensi atau mendaftarkan perangkat lunak Anda dari jarak jauh.

Mencegah cedera dan kesehatan yang disebabkan dari penggunaan teknologi, dan cara merancang tempat kerja ergonomis

Union-Ergonomics_proper_sitting

Untuk menghindari atau mengurangi masalah kesehatan akibat hal tersebut, hal yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan sikap & pengaturan kerja yang baik juga mengatur pola hidup selama & di luar jam kerja.

  1. Sesuaikan peralatan kerja setiap akan mulai bekerja, sehingga kelelahan & cedera dapat dikurangi, seperti:
    –  Menyesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan,
    –  Meletakkan tepi atas monitor ada dalam 1 garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika melihat ke monitor,
    –  Mengatur jarak monitor dengan mata ada dalam jarak membaca (sekitar 50cm) sehingga badan tidak perlu membungkuk setiap kali melihat ke monitor,
    –  Mengatur ‘refresh rate’ monitor sebesar 72Hz atau lebih sehingga mata tidak cepat lelah.
  2. Atur posisi badan dengan baik dan senyaman mungkin

– Pastikan punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi yang empuk,

– Menggunakan sandaran telapak kaki (footrest) sehingga posisi tungkai dalam keadaan rileks,

– Lengan atas & bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik,

– Kedua pangkal telapak tangan bertumpu/bersandar pada meja dan tidak menggantung,

– Menggunakan kursi dengan penyangga/sandaran lengan bawah.

– Menghindari posisi duduk yang sama selama waktu yang lama, variasikan beberapa posisi duduk yang nyaman

  1. Atur visualisasi monitor

Agar dapat membaca dengan nyaman dan tidak menyebabkan mata lelah lakukan hal-hal berikut ini: – Atur setting kontras & kekuatan cahaya dari monitor, tidak terlalu terang sehingga menyilaukan mata & kontras yang mencukupi sehingga tulisan di monitor mudah dibaca,

– Menghindari adanya cahaya terang tepat di belakang atau di depan monitor,

– Memastikan penerangan di ruangan mencukupi untuk membaca buku/tulisan tercetak.

  1. Atur audio sebaik mungkin

– Menggunakan & mengatur dengan tepat headphone & mikrofon (headset) yang disediakan agar dapat mendengar dengan jelas & berbicara tanpa perlu berteriak

– Jangan terlalu lama menggunakan headset (batasi waktu pemakaian)

– Menjaga kebersihan busa headset dan mikrofon

  1. Perhatikan waktu penggunaan atau pengoperasian komputer

Untuk mendukung kerja yang optimal & mencegah terkena gangguan kesehatan, disarankan untuk:

– Beristirahat selama 5 menit setiap bekerja selama 1 jam, istirahat ini tidak dapat digabungkan (gunakan waktu istirahat singkat ini untuk berjalan, melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan, atau mengambil minuman).

– Waktu istirahat yang lebih lama (15-30 menit) setiap 4 jam bekerja, gunakan untuk rileks/beristirahat & makan.

– Untuk mengurangi kelelahan mata, lihat ke luar jendela (pemandangan) atau benda yang letaknya jauh setiap 10-15 menit sekali.

  1. Sesuaikan lingkungan kerja sebaik mungkin

– Cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk mereka yang bekerja di ruangan ber-AC adalah sekitar 50-60cc/kgBB/hari.

– Jangan menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu di saluran kencing.

– Sesuaikan suhu ruangan kerja, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang terlalu panas akan membuat cepat lelah & emosi meningkat, sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat otot menjadi kaku & lebih mudah terkena cedera.

  1. Pencegahan dan penanggulangan lainnya

– Menggunakan obat yang dapat mengurangi rasa nyeri dan memperbaiki posisi duduk, sarana, dan cara kerja sehingga dapat mengurangi bahkan mencegah. Meski pekerjaan sudah dipermudah dengan banyaknya penggunaan teknologi komputer tapi janganlah seakan-akan manusia juga disamakan dengan robot. Walau dengan menggunakan obat pengurang rasa nyeri tidak dapat menghilangkan masalah, tetapi dengan penggunaan obat tersebut dapat mengurangi gejala-gejala namun jangan pula hal tersebut dilakukan secara terus menerus karena dapat menimbulkan masalah baru dengan penggunaan obat secara berlebihan.

– Jika dimungkinkan, putar musik dalam volume yang pelan untuk menghindari kejenuhan & meredam emosi.

– Tidur dalam jumlah yang cukup, sekitar 6-8 jam/hari.

– Makan makanan yang bergizi lengkap, bervariasi, & seimbang, juga cukup serat (sayuran/buah).

– Makan berat 1-2 jam sebelum mulai bekerja sehingga ada cukup energi untuk bekerja tanpa diganggu rasa lapar atau kantuk.

– Berolahraga secara teratur 2-3 kali setiap pekan. Segera berkonsultasi dengan dokter setiap kali merasakan ada gejala/keluhan di tubuh yang tidak normal sehingga dapat cepat diobati.

Dengan melakukan hal-hal di atas, gangguan kesehatan akibat bekerja dengan komputer dapat dikurangi & produktivitas/efisiensi kerja meningkat.

Sumber            :

http://x8-day-smandasa.blogspot.co.id/2012/11/dampak-penggunaan-komputer-pada.html

diakses 02/03/2016 07:48

https://www.utopicomputers.com/pengertian-fungsi-macam-macam-jenis-komputer-server-dan-sistem-operasi/ diakses pada 02/03/2016 07:49

http://bahrululum24.blogspot.co.id/2013/08/macam-macam-softaware-berdasarkan_3.html diakses pada 02/03/2016 07:49

 


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted March 7, 2016 by ana.fitrotunnisa in category "Uncategorized

About the Author

SV REKAM MEDIS 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.